ARKomodo : Augmented Reality Komodo untuk Android

Berikut ini deskripsi singkat mengenai aplikasi yang saya buat. Aplikasi ini bertema Augmented Reality dengan judul ARKomodo.
Sesuai temanya,, augmented reality merupakan terobosan teknologi baru yang diadaptasikan untuk menggabungkan object / lingkungan nyata dengan object 3dimensi. Jika sebelumnya, teknologi hanya sebatas virtual reality (2 Dimensi & 3 Dimensi saja), sekarang kita sudah mulai bisa berkenalan dengan teknologi Augmented Reality.

Ada beberapa jenis pengaplikasian dari teknologi Augmented Reality. Salah satu diantaranya yaitu menampilkan object 3D dengan bantuan “marker” atau “tag” sebagai masukan (input). Pada aplikasi ARKomodo yang saya buat ini, saya menerapkan konsep tersebut. Sehingga untuk dapat memunculkan object 3D dari Komodo, kita membutuhkan “marker” khusus.

Pada perangkat Android, Augmented Reality sudah mendapatkan dukungan cukup baik. Namun masih ada beberapa kelemahan, terutama dari segi hardware untuk pemrosesan image. Dalam pemrosesan image, dibutuhkan prosesor dan memori RAM yang besar. Sehingga, untuk saat ini, aplikasi AR di Android masih menemui beberapa keterbatasan dalam menampilkan object secara 3 dimensi.

Melalui aplikasi AR Komodo ini, saya sebagai developer ingin berbagi wawasan & keceriaan, kepada setiap orang yang ingin mengetahui binatang komodo secara lebih dekat.
Lalu dengan aplikasi ini, kita ingin pengguna dapat dengan mudah melihat bentuk dari binatang Komodo, dan bahkan bisa berfoto bersama dengan binatang komodo dimanapun dan kapanpun. Tinggal mengatur posisi dari object 3D Komodo, dan tinggal berpose bersama. Dengan harapan, melalui aplikasi ini, image dari binatang Komodo yang buas jadi tidak nampak.

Deskripsi penggunaan aplikasi ARKomodo secara lebih jelas dapat dilihat pada aplikasi tersebut. Atau melalui link berikut :
http://downloadz.netne.net/komodo_catra/index.html
link unduh aplikasinya bisa didapatkan di sini :
downloadz.netne.net/komodo_catra/ARKomodo.apk
Jika ingin melihat hasil foto bersama komodo menggunakan aplikasi ini, berikut ini penampakannya :

Standard Requirement :

Android versi 2.2 (Froyo)
1Ghz Processor
256Mb RAM

3 responses to “ARKomodo : Augmented Reality Komodo untuk Android

  1. saya masih newbeeeee….. minta tutorialnya donk pak! hehehehe….
    mau belajar AR android jg ne…..

  2. mau dong tutorial bikin AR untuk android, lagi bikin Skripsi nih. mohon bantuannya

Leave a comment