Cara Permanen Root dengan Update Firmware + Unlock Bootloader HTC Thunderbolt

tutorial ini hasil terjemahan dari sini
jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon merujuk kembali ke sumber asalnya.
penulis hanya membantu mempermudah. Smile
Bukan Untuk Pemula, DWYOR!

LANGKAH 1

SYARAT MUTLAK :
Punya Android SDK. Sebisa mungkin copy folder android-sdk-windows di drive C:/

Lalu, download dulu file2 berikut ini :

Downgrade RUU PG05IMG_downgrade.zip (md5sum : aae974054fc3aed275ba3596480ccd5b)
digunakan di langkah ke 4.
LINK DOWNLOAD

Package yang berisi busybox, wpthis, psneuter, su, readme.txt, misc.img, and hbooteng.nb0 (md5sum : 3b359efd76aac456ba7fb0d6972de3af)
digunakan nge-rootnya.
LINK DOWNLOAD1
LINK DOWNLOAD2

Custom upgrade PG05IMG_MR1_upgrade.zip (md5sum : 7960c7977c25b2c8759605be264843ea)
digunakan di Langkah ke 7.
LINK DOWNLOAD

LANGKAH 2

yuk, mulai ngeroot.. ekstrak dulu package yg berisi busybox, wpthis, psneuter, dkk (Pastikan hasil ekstraknya difolder yang berisi adb.exe juga).
Untuk langkah di atas, saran saya, copy hasil ekstrak ke folder android-sdk-windows/platform-tools/. Karena di sana ada adb.exe.

Hubungkan Thunderbolt ke komputer melalui kabel usb. (jangan lupa aktifkan USB Debugging)
Setelah itu, buka command prompt, arahkan ke folder berisi adb.exe, busybox, wpthis, psneuter, dkk hasil ekstrak td.
lalu ketikkan perintah :

Quote:adb push psneuter /data/local/
adb push busybox /data/local/
adb push misc.img /data/local/
adb shell chmod 777 /data/local/psneuter
adb shell chmod 777 /data/local/busybox

LANGKAH 3

Langkah tersebut membuat Thunderbolt jadi temporary Root.
lanjutkan mengetik perintah berikut di command prompt :

Quote:adb shell

Semestinya, di command prompt akan muncul simbol “$”.
Lanjut lagi ketik ini :

Quote:/data/local/psneuter

Anda akan keluar dari proses adb. dan adb akan restart sebagai ROOT.
langkah berikutnya yaitu konfirmasi md5.
ketik lagi :

Quote:adb shell

simbolnya mestinya ganti jadi “#”
trus lanjut ketik :

Quote:/data/local/busybox md5sum /data/local/misc.img

semestinya outputnya harus sama dengan ini :
“c88dd947eb3b36eec90503a3525ae0de”
kalo beda, download lg file packagenya. berarti ada yg corrupt.

LANGKAH 4

Rename file PG05IMG_downgrade.zip jadi “PG05IMG.zip”, lalu copykan ke SD Card tanpa mencabut koneksi USB (USB Storage mode & JANGAN taruh file zip tsb di dalam folder)
kembalikan USB storage mode ke charge only mode. Pastikan sd card sudah kembali terbaca di Thunderbolt.
lalu ketik lagi :

Quote:adb reboot bootloader

Pilih opsi bootloader, lalu tekan tombol power. ketika ditanya untuk upgrade, jawab “yes” aja.
Tunggu yang sabar. nanti kalo prosesnya selesai, HH akan reboot. Setelah reboot, hapus file PG05IMG.zip yang ada di SD Card.

LANGKAH 5

kembali lg ke command prompt.
dengan mengarahkan pada folder yg berisi busbox, psneuter, dkk, ketik lagi perintah ini :

Quote:adb push psneuter /data/local/
adb push busybox /data/local/
adb push wpthis /data/local/
adb shell chmod 777 /data/local/psneuter
adb shell chmod 777 /data/local/busybox
adb shell chmod 777 /data/local/wpthis

Dapatkan akses root dengan menjalankan perintah berikut :

Quote:adb shell
/data/local/psneuter

Kemudian unlock MMC. Ketik :

Quote:adb shell
/data/local/wpthis
exit

LANGKAH 6

Ini yang paling penting. Simak baik2 karena kita akan mem-push eng bootloader. (RESIKO HH BRICK jika salah langkah)

Quote:adb push hbooteng.nb0 /data/local/
adb shell
/data/local/busybox md5sum /data/local/hbooteng.nb0

pastikan output yang keluar : “6991368ee2deaf182048a3ed9d3c0fcb”
jika bukan, stop! Download lagi file yang sama. Delete yg lama.
Jika sama, lanjutkan!

write new bootloader

Quote:dd if=/data/local/hbooteng.nb0 of=/dev/block/mmcblk0p18

konfirmasi :

Quote:/data/local/busybox md5sum /dev/block/mmcblk0p18

sama seperti sebelumnya, cek apa sama dengan ini : “6991368ee2deaf182048a3ed9d3c0fcb”. kalo beda, cari “help” dari chat.andirc.net pada channel #root atau buka alamat ini AndIRC Thunderbolt Web Chat DO NOT REBOOT!!

Kalo berhasil, tanpa masalah baru REBOOT.

LANGKAH 7

ini langkah terakhir. Caranya sama dengan di LANGKAH 4.
Rename file PG05IMG_MR1_upgrade.zip jadi PG05IMG.zip. Lalu seperti sebelumnya, copykan ke SD Card.
check sum seperti di langkah ke 4. hasilnya semestinya : “7960c7977c25b2c8759605be264843ea”. Kalo beda, download lagi!

Kalo sama, ketikkan :

Quote:adb reboot bootloader

Pilih opsi bootloader, lalu tekan tombol power. ketika ditanya untuk upgrade, jawab “yes” aja.
Tunggu yang sabar. nanti kalo prosesnya selesai, REBOOT.

Akhirnya beres. semestinya sekarang Thunderbolt sudah dapet full root permissions, engineering kernel dan recovery bawaan.
untuk pake custom recovery, download ROM MANAGER dari market. install, dan download custom recovery yang sesuai untuk HTC Thunderbolt.

Ok, sekian.. and GOOD LUCK!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s