Smartphone dan Tablet dalam Statistik, Siapa yang Menang?

Pasar ponsel saat ini dibanjiri data. Data itu berasal dari para analis dan lembaga riset yang membuat estimasi akan setiap perubahan yang terjadi di pasar ponsel. Setiap kali hasil keuangan triwulan diumumkan, maka setelahnya pasti ada perkiraan dan peneliatian pasar sehingga dalam setahun ada setidaknya empat kali data baru yang masuk ke pasar ponsel.

Dalam sejarahnya, Juli selalu menjadi bulan yang dipenuhi dengan hasil studi, survei dan prediksi. Survei dan penelitian itu dibuat dengan dengan berbagai maksud dan tujuan berbeda satu sama lain. Namun ada nilai yang patut diambil oleh para developer aplikasi dari berbagai hasil studi itu sehingga bisa diketahui tanda-tanda dari apa yang akan terjadi di pasar ponsel.

– Pengiriman Perangkat Mobile Global

Perkirakan IDC tentang pengiriman ponsel secara global merupakan hasil studi yang perlu diperhatikan. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa 365,4 juta unit perangkat mobile telah dipasarkan di seluruh dunia pada kuartal kedua 2011. Yang termasuk dalam angka itu adalah ponsel dan smartphone. Dan itu berarti telah terjadi peningkatan 11,3% dari tahun kemarin. Di kuartal kedua 2010, data UDC menunjukkan pengiriman ponsel di pasar global mencapai 328,4 juta unit. Meski demikian, peningkatan yang terjadi di tahun ini masih lebih rendah dari perkiraan pada analis IDC yang sebelumnya memprediksi 13,3%.

IDC mengatakan bahwa penjualan ponsel standar (bukan smartphone) merosot 4% setiap tahunnya di kuartal terakhir. Hal itu pertama kali terjadi sejak kuartal ketiga 2009. Secara keseluruhan dipengaruhi oleh penjualan smartphone yang tumbuh semakin pesat.

IDC menggambarkan hal itu sebagai ‘titik transisi’, yang juga didukung oleh Nielsen, sebuah perusahaan riset pasar di Amerika. Nielsen mengklaim bahwa di pasar dalam negeri, pada periode Maret – Mei 2011 smartphone lebih banyak dijual dibanding ponsel standar. Titik transisi tidak hanya terjadi di pasar-pasar dunia Barat karena IDC juga mencatat adanya angka penjualan tinggi dari smartphone Android murah yang terjadi di negara-negara Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Ada lima vendor telepon selular paling populer dengan menempatkan Nokia pada urutan pertama, menjual 88,5 juta unit ponsel. Namun angka itu merupakan kemerosotan drastis sebesar 33,8% dibanding pada Q2 2010, menjadi 24,2% di Q2 2011. Di tempat kedua ada Samsung yang mengalami kemajuan pesar dengan 70,2 juta unit dan mendominasi 19,2% pangsa pasar. Diperkirakan Samsung akan mampu menyusul laju Nokia dalam waktu dekat.

– Pengiriman Smartphone

Jika data di atas ditujukan untuk ponsel secara umum, maka banyak developer aplikasi yang memilih fokus pada data penjualan smartphone saja. Tidak ada perkiraan yang meleset di kuartal kedua tahun ini, juga tidak ditemukan data yang sulit dianalisa.

Dimulai dari data terakhir, Apple berhasil menjual iPhone sebanyak 20,4 juta unit di Q2, mengungguli Nokia yang menjual 16,7 juta unit smartphone. Sementara itu HTC baru saja mengumumkan berhasil menjual 12,1 juta smartphone di Q2 2011. Perusahaan lain dengan penjualan smartphone tinggi termasuk LG (5,4 juta), Sony Ericsson (5.3 juta) dan Motorola (4.1 juta).

Samsung dan RIM dinilai tidak cukup transparan. Ini karena Samsung menolak memberikan angka yang tepat untuk penjualan smartphone di Q2. Diperkirakan itu terkait ketakutan Samsung pada pesaing-pesaingnya jika mereka bisa membaca keberhasilan Samsung di Q2 2011 ini. Dalam kasus RIM, kesulitan menganalisa hasil penjualan smartphone karena tahun anggaran RIM tidak mengikuti tahun kalender, sehingga dalam kuartal fiskal yang berakhir pada tanggal 28 Mei, RIM mengatakan berhasil menjual 13,2 juta BlackBerry smartphone. Terkait dengan hal itu, para analis di ABI Research memberikan prediksi baik untuk Samsung maupun RIM. Samsung diprediksi berhasil menjual 19 juta smartphone sementara RIM dengan 13,2 juta smartphone di Q2 2011.

ABI Research juga mengatakan Android berhasil menguasai 46,4% pangsa pasar smartphone di Q2 dengan 47 juta unit, iOS (20.4 juta), Symbian (16,7 juta) dan BlackBerry (13.2juta).

– Terobosan smartphone

Data di atas berlaku untuk pengiriman baru semua smartphone. Tetapi ada juga perusahaan lain yang tertarik mengetahui berapa banyak perangkat yang ada di tiap OS berhasil dipasarkan. Nielsen menerbitkan sebuah hasil penelitian pasar yang melacak OS mana yang paling populer di Amerika.

Penelitian Nielsen itu menempatkan Android pada persentse tertinggi dengan 39%, diikuti oleh iOS (28%), BlackBerry (20%) dan kemudian gabungan Windows Mobile dan Windows Phone 9%.

Sementara itu hasil studi yang dilakukan comScore pada bulan Juli 2011 cukup menimbulkan kontroversi dengan membuat perkiraan untuk smartphone OS di Inggris. comScore mengatakan iOS memiliki pangsa pasar 27,1%, diikuti oleh Android (26,7%), Symbian (22,5%), dan BlackBerry tertinggal jauh di belakang.

Secara terbuka RIM memprotes hasil studi itu. Namun perlu dicatat bahwa meskipun comScore mengatakan pengguna BlackBerry di Inggris hanya tersisa 3.6 juta dan RIM keberatan dengan angka itu, namun yang sebenarnya pencapaian BlackBerry tetap hanya di bawah angka 7 juta.

– Prediksi Smartphone dan aplikasinya

Bagaimana nasib smartphone di masa mendatang? Lembaga analisa Gartner telah membuat prediksi untuk penjualan smartphone. Ini berbeda dengan analisa jumlah pengiriman dan penjualan karena penelitian ini benar-benar mencakup smartphone yang dibeli dan telah ada di tangan konsumen.

Gartner memperkirakan Android akan menjadi OS terlaris sampai 2015 dengan penguasaan pasar OS sebesar 48,8%. Gartner juga menganalisa bahwa akan ada 467,7 juta smartphone dijual pada 2011, dan akan menjadi 1,1 miliar pada tahun 2015.

Tapi intinya adalah bahwa tetap ada empat kekuatan besar (termasuk Android) yang bermain di pasar smartphone; Windows Phone (19,5% pada 2015), iOS (17,2%) dan BlackBerry (11,1%) yang semuanya memiliki penjualan bagus sampai empat tahun mendatang.

Yang akan terpengaruh dari semua penelitian itu pastinya para developer aplikasi. Canalys memiliki beberapa prediksi untk hal ini; in-app purchase dan app subscription akan mencapai $7,3 miliar pada tahun 2011, dan akan meningkat menjadi $36.7 miliar di tahun 2015. Perkiraan ini tidak termasuk pendapatan dari iklan.

Ada pula Strategy Analytics yang berpendapat bahwa pada akhir tahun 2012, download berbayar akan mencapai hampir $2 miliar setiap triwulan. Android Market akan menyalip Apple App Store dalam hal volume download (tetapi tidak dengan pendapatan) pada akhir 2012.

IDC juga memiliki hasil untuk aplikasi, meskipun hasil tersebut lebih untuk jumlah download, bukan pendapatan. Jumlah mobile download untuk aplikasi meningkat dari 10,7 miliar pada 2010 menjadi 182,7 miliar di tahun 2015.

– Prediksi Penjualan Tablet

Area terakhir yang juga mendapatkan prediksi di bulan Juli adalah pasar tablet. Perkiraan ini baik untuk tablet yang telah terjual maupun yang akan terjadi setelah 2011.

Strategy Analytics memperkirakan untuk Q2 2011, iPad milik Apple menguasai 61% dari pangsa pasar tablet dengan penjualan 9,3 juta unit. Di belakangnya ada Android dengan 30,1% (4,6 juta), tablet Windows (0.7 juta) dan BlackBerry Playbook (0.5 juta).

Secara terpisah, bank investasi UBS memprediksi iPad akan menempati 63% dari pasar tablet di 2011 dengan penjualan 37,9 juta unit. Samsung ada di tempat kedua dengan penjualan 5 juta tablet, diikuti oleh Asus (2,2 juta), RIM (1,9 juta) dan Motorola (1,8 juta).

Informa Telecoms & Media juga memiliki prediksi terhadap pasar tablet. Perusahaan ini mengatakan iPad saat ini menguasai 75% dari pasar tablet namun akan jatuh ke angka 39% pada tahun 2015. Di atasnya ada tablet Android dengan 38%. Informa mengatakan iPad berhasil terjual 90 juta unit dan Android 87 juta unit di 2015. Pada 2016, tablet Android melampaui iPad.

Well, bisa saja semua prediksi itu salah. Namun besar pula kemungkinan akan terjadi seperti yang telah diperkirakan para analis. Pada paruh kedua 2011 ini dipastikan akan banyak perbaikan yang dilakukan para analis tentang pasar smartphone dan tablet.

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s