[warning] Partisi SD Card via CWM atau ROM Manager

Buat temen2 yang suka mempartisi SD Card melalui Clockworkmod n ROM Manager, ada informasi peringatan nih dari sini Lips sealed

Intinya, telah terjadi banyak masalah yang diakibatkan cwm saat proses partisi sd card. karena masalah tersebut, umumnya HH kita jadi tidak bisa hidup lagi alias briked. hiii… ngeri dah.. Cry

Saran saya, kalo ingin mempartisi SD Card langkah2 yang baik :
1. Kembalikan A2SD, Data2SD, Data2Whatever, atau lainnya yg semacamnya ke internal memori asli HH. (jika anda menggunakan fasilitas ini)
2. Backup semua data yang ada di sd card anda (/sdcard/…)
3. Partisi melalui aplikasi Linux GParted yang mana telah support ext partition. (tunggu sampai prosesnya selesai / sukses)
4. Lalu kembalikan data yang anda backup ke sd card yang telah terpartisi.
5. Selesai, SD Card telah dipartisi dan siap digunakan kembali

Hal yang perlu diperhatikan :
1. Mempartisi SD Card = mengurangi masa umur SD Card
2. Mempartisi SD Card akan memperlambat proses read/write SD Card
3. file system Fat32 jauh lebih baik dan lebih stabil daripada ext
4. menggunakan A2SD, Data2SD, Data2WE, dsb itu memang bermanfaat ketika HH kita memiliki kapasitas internal memori kecil. Tapi dalam penggunaannya, hal tersebut akan memperlambat kinerja system yang mau tidak mau harus melakukan read/write pada sd card.
5. Gunakan SD Card yang memiliki class tinggi (minimal class 6)

So, please, do it with ur own risk!!

2 responses to “[warning] Partisi SD Card via CWM atau ROM Manager

  1. Mas bro, galaxy ace ane mati stelah klick partition sdcard pada aplikasi rom manager..Gimana nih solusinya??? Tlong bantuanya..

    • Waduh2.. Kejadian beneran ya? Saya belum pernah pegang galace sih. Tapi mestinya kalo bs masuk recovery mode, tinggal dihubungkan via odin, trus diflash ulang sesuai dgn firmware yg dianjurkan. Moga berguna..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s